Selasa, 23 November 2010

Tugas ISD (1)

Banjir Wasior 2010
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Banjir Wasior 2010 adalah bencana banjir bandang yang terjadi pada 4 Oktober 2010 di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat.

Banjir bandang terjadi, karena kerusakan hutan di Wasior, sehingga hujan tiada henti yang terjadi sejak Sabtu2 Oktober 2010 hingga Minggu3 Oktober 2010 menyebabkan Sungai Batang Salai yang berhulu di Pegunungan Wondiwoy meluap.

Banjir yang terjadi menyebabkan banyak infrastruktur di Wasior hancur termasuk lapangan udara di Wasior, sementara kerusakan juga menimpa rumah warga, rumah sakit, dan jembatan. Kerusakan yang terjadi disebabkan banjir yang terjadi membawa serta batu-batuan besar, batang-batang pohon, lumpur. Bencana banjir bandang yang terjadi juga mengganggu hubungan komunikasi, jaringan listrik terputus dan aktifitas masyarakat lumpuh.

Banjir bandang juga menyebabkan 110 orang tewas dan 450 orang masih dinyatakan hilang. Sementara sebagian korban luka-luka dibawa ke Manokwari dan Nabire. Sementara sebagian korban luka lainnya dan warga yang selamat ditampung di tempat-tempat pengungsian. Akibat banjir yang terjadi yang merusak rumah warga dan infrastruktur banyak warga yang selamat memutuskan mengungsi ke Manokwari dengan menggunakan kapal laut.

Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengupayakan dan memberikan bantuan kepada korban banjir bandang dengan memberikan bantuan sandang dan pangan serta bantuan obat-obatan.


Pendapat :
Banjir bandang Wasior terjadi karena adanya keusakan hutan yaitu berupa penebangan hutan secara liar dan tidak ada tanggung jawab dari pihak yang bersangkutan. Seharusnya pihak yang merugikan itu dikenakan sanksi dari Pemerintah berupa ganti rugi atau diwajibkan untuk memberikan bahan-bahan apa saja yang di butuhkan korban di tempat pengungsian.

Solusi :
Kita sebagai warga Indonesia sudah seharusnya berprihatin karena kejadian ini, dan juga sudah seharusnya ikut membantu para korban dengan memberi pakaian bersih yang masih layak pakai dan bahan pangan yang sehat dan bergizi.

Septiana Rismala
16110472
1 KA 31 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar