Senin, 02 April 2012

Perbedaan Struktur Organisasi

2.  Perbedaan Struktur Organisasi

·         Organisasi
Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dengan pola tertentu yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non-fisik. Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya  suatu konflik dalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidak selarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.

·         Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

a.  Kompleksitas
Yaitu mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi. Termasuk didalam nya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja,  jumlah tingkatan dalam hierarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis.
b.  Sentralisasi
Sentralisasi mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik didalam organisasi.
c.  Formalisasi
Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan didalam  organisasi dibakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar