Sabtu, 05 Mei 2012

PROSES SOSIALISASI DAN KARIER


PROSES SOSIALISASI DAN KARIER

Melalui proses sosialisasi & pengembangan karier kepentingan individu dan organisasi diidentifikasikan & dikonfrontasikan. Sosialisasi mengutamakan kepentingan organisasi. Pengembangan karier mengutamakan kepentingan individu salah satu teori tentang pilihan karier yaitu oleh Holand bahwa orang memilih karier yang sesuai dengan jenis kepribadian mereka, dan ada hubungan pasti antara jenis kepribadian tertentu dengan karakteristik bidang pekerjaan. Konsep karier didalam organisasi harus cukup luas untuk mencakup pola kehidupan kerja & nonkerja.

KARIER YANG EFEKTIF

Mencakup karakteristik prestasi, sikap, kemampuan beradaptasi dan identitas. Karakteristik keefisienan karier individu dapat dihubungkankan dengan kriteria keefektifan organisasi sejauh terdapat kesesuaian kriteria keefektifan individu & organisasi.

KARAKTERISTIK JALUR KARIER REALISTIK:

1.    Mencakup kemungkinan lateral & kebawah yang tidak terikat pada tingkat kemajuan normal
2.    Bersifat sementara & responsif terhadap perubahan kebutuhan organisasi

Proses sosialisasi organisasi berjalan selaras dengan tahapan karier, keselarasan tahapan pengembangan karier dengan proses sosialisasi memungkinkan pimpinan untuk melaksanakan praktek yang memperbesar peluang untuk mencapai kebutuhan bersama dari individu & organisasi praktek organisasi seperti perekrutan, seleksi, penempatan, promosi dan pemindahan, dapat menjadi bagian penting dari proses sosialisasi yang efektif jika pimpinan memikirkan dalam kaitannya dengan kebutuhan individu-individu & organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar